February 05, 2010

Permainan Tradisional yang semakin hilang....

Oleh salman elfrizy   Tgl Post  2/05/2010   artikel No comments

Indonesia yang kaya akan budaya, dari sabang sampai merauke. Banyak skali kebiasaan atau adat istiadat dan juga permainan tradisional yang berbeda tiap2 daerah. Permainan-permainan kreatif yg dahulu sering dimainkan merupakan peninggalan dari leluhur yg di ajarkan secara turun temurun. Menurut yang pernah saya baca Prof. Dr. N. Driyarkara S. J, ahli filsafat,berkata pendidikan kebudayaan lokal seperti permainan merupakan awal dari pendidikan kepribadian nasional.

Tapi sekarang,,,seiring dengan perkembangan Jaman yg semakin maju, permainan tradisional semakin hilang bahkan sudah hampir lenyap.....tidak pernah lagi kita melihat anak-anak memainkan permainan tradisional. Karena saya merupakan orang Melayu sedikit byk tau permainan2 tradisional yang sekarang sudah jarang dimainkan kalau pun ada hanya beberapa orang yang memainkannya,,,permainan tradisioanl melayu seperti : Gasing, Enggrang, Bakiak, Congkak, guli dan banyak lagi,,.



Modernisasi yang bergerak lambat namun pasti telah membuat permainan modern berkembang pesat dengan jenis-jenisnya yang makin variatif, sehingga permainan tradisional kini kian tersisih. Permainan modern memang bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja. Mulai dari anak-anak sampai mereka yang telah dewasa pun kini asyik di depan layar TV, komputer, dan handphone (HP) untuk bermain game. Bahkan mereka rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk melengkapi aplikasi game mereka. PErmainan yg berteknologi canggih telah hadir sperti Playstation, Nintendo, XBOX membuat permainan tradisional semakin hilang dan jarang dimainkan lagi,,,,para orang tua rela mengeluarkan uang yg bnyk untuk membeli permainan untuk anaknya ketimbang membeli gasing yang sangat murah untuk anaknya bermain. Padahal, permainan tradisional dapat menjadi identitas warisan budaya bangsa ditengah keterpurukan kondisi bangsa.

Sekedar buah pikiran saja,,mungkin tulisan ini bermakna.....

Tentang artikel-pisi.blogspot.com

Webblog untuk sekedar berbagi dan memberitahukan.Di Follow ya broo.
Jangan hanya dilihat dan dibaca tolong kasi komentarnya.

0 Komentar:

Kembali ke atas ↑
Ingin berlangganan

© 2014 Salman Blog - Sebuah Nama Sebuah Cerita :: Just Share Salman Elfrizy. Template Truepixel by BloggerTheme9
Sebuah Nama juga Sebuah Cerita. Blog Powered by Blogger.