May 29, 2009

insomnia,,,,apakah melanda diriku....

Oleh salman elfrizy   Tgl Post  5/29/2009   kesehatan 1 comment

Udah hampir satu minggu lebih susah untuk pejamkan mata alias tidur,,knpa ya?...ape mungkin tanda2 yang di bilang insomnia tu ya,,,,,,tak tau lah yang jelas mata ni bener2 gak bisa di pejamkan. Walaupun udah di pejamkan tapi tetap aja melek lagi.
Kata temen2 qu banyak pikiran, tidur siang kebanyakan, dan sebagainya.

Harus segera cari solusi ni,,,klo gak bisa berbahaya kali ya,,,soalnya aq pernah baca artikel klo orang yang jumlah jam tidurnya kurang tu bisa mengurangi jumlah usia hidup kita itu beneran gak ya....bukan takut mati sih tapi masih blm banyak amal hhehee..
Searching2 di pakde google informasi tentang insomnia dapat juga informasi mengenai insomnia. Ada info dari http://www.blogdokter.net : Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 - 50% populasi mengalami insomnia.
Insomnia itu dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain fisik dan psikis, faktor fisik misalnya terserang flu sehingga sulit untuk tidur, sedangkan faktor gangguan psikis adalah stres, cemas, depresi alah satu proses atau tahap perkembangan manusia yang berkaitan dengan perubahan fisik dan psikis. Apa mungkin aq strees ya?may be...tapi stress apaan..
Ini dari situs e-psikologi.com :
Apakah insomnia?
Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders-IV (DSM-IV), mendefinisikan insomnia sebagai kesulitan memulai tidur, mempertahankan tidur, merasa tidak
fresh pada waktu bangun pagi dan mengalami kualitas tidur yang buruk. Setelah Anda mengetahui definisi insomnia, apakah Anda sudah mulai memperhatikan diri Anda, apa Anda memang mengalami insomnia atau tidak. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu mengetahui apa saja gejala-gejala insomnia. Namun, perlu diingat bahwa disini kita sedang membahas insomnia karena faktor psikologis, bukan faktor yang lain


Penyebab Insomnia
International Classification of Sleep Disorder-Revised (ICSD-R), mengatakan bahwa penyebab terjadinya insomnia adalah masalah-masalah psikologis, seperti mengalami stress, kecemasan, ketakutan, kekhawatiran, depresi disebabkan factor tekanan pekerjaan, trauma karena mengalami bencana, mengalami kekerasan atau KDRT, mengalami pengalaman traumatis, dll. Insomnia dapat menjadi kronis jika tidak segera ditangani.

Haduh......bahaya ni klo jadi nya kronis,,,,,,Maunya aq mudah untuk tidur, tidak sesulit ini untuk pejamkan mata dan tidur. Ada beberapa tips ni di dapat dari internet untuk mengurangi sarangan insomnia,,mudah2 tips ini juga bermanfaat buat diriku...
  1. Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur.
  2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman.
  3. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda.
  4. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok.
  5. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
  6. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur.
  7. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.
  8. Gunakanlah tempat tidur anda khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur.
  9. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai.
  10. Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda.
  11. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.
Yah,,,,mudah2 bisa teratasi lah,,,,capek juga ni mata gak pejam2 tidur,,,,,,
Free Website Hosting


Tentang artikel-pisi.blogspot.com

Webblog untuk sekedar berbagi dan memberitahukan.Di Follow ya broo.
Jangan hanya dilihat dan dibaca tolong kasi komentarnya.

1 comment:

  1. insomnia bahaya jg sepertiny sepele :( huft sy jg biasany kena :(

    ReplyDelete

Kembali ke atas ↑
Ingin berlangganan

© 2014 Salman Blog - Sebuah Nama Sebuah Cerita :: Just Share Salman Elfrizy. Template Truepixel by BloggerTheme9
Sebuah Nama juga Sebuah Cerita. Blog Powered by Blogger.